• Posted by : Guru Bahagia Kamis, 21 April 2022


    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Pojok Baca Sekolah (PBS) merupakan sebuah program yang menghidupkan kembali kegiatan literasi pasca penghentian tatap muka di masa pandemi. Hasil UNBK pada rapor pembelajaran di SMP Negeri 2 Jatisari menunjukkan tingkat literasi dan numerasinya hijau. Hal tersebut dikarenakan program literasi yang dicanangkan oleh mahasiswa kampus mengajar 2. Konsistensi kemampuan literasi murid perlu terus diasah setelah mahasiswa kampus mengajar selesai menjalankan programnya di sekolah sehingga membuat Calon Guru Penggerak bersama Komunitas Praktisi Guru Bahagia memikirkan sebuah kegiatan yang dikelola oleh murid namun sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan literasi para murid.

     

    PBS merupakan hasil akhir dari diskusi Komprak Guru Bahagia dan kemudian dijalankan sebagai program sekolah. Para guru di komunitas praktisi tidak memilih membangun Pojok Baca Kelas dikarenakan pembelajaran kelas VII, VIII dan IX berada pada penghujung semester, sehingga dikhawatirkan akan rusak setelah para murid berpindah kelas ke tingkat selanjutnya. PBS dibuat langsung oleh para murid melalui Perwakilan Kelas (PK) dari kelas VII dan VIII dengan mengandalkan barang-barang yang dimiliki masing-masing murid dan disusun menjadi layout yang menarik. Komprak tidak mau mengadakan pungutan kepada para murid mengingat ekonomi para orang tua murid yang baru pulih pasca serangan Virus Corona varian Delta dan Omicron. Komprak hanya bertugas menuntun dan melakukan monitoring serta evaluasi pada program PBS yang dikelola langsung oleh para murid.

     

    Pengelolaan program kegiatan literasi wajib perkelas dikerjakan oleh Tim Perpustakaan yang terdiri dari para murid. Tim Perpustakaan dibentuk karena melihat kesuksesan Tim IT yang membantu jalannya pembelajaran di masa pandemi dalam pengelolaan kelas virtual dan program-program yang menggunakan teknologi. Tim Perpus juga berkegiatan menjaga PBS, dan melaporkan hasil kegiatan literasi di PBS kepada wali kelas. Berikut merupakan dokumentasi program Pojok Baca Sekolah SMP Negeri 2 Jatisari:

    Dokumentasi video:


    Dokumentasi foto:

    A. Perencanaan dengan Perwakilan Kelas

    • Pengarahan dari Guru
     
     

     
    • Pembagian tugas penyediaan alat dan bahan
     
      
     
      
     
    B. Pembuatan layout Pojok Baca Sekolah 
    •  Membuat layout Pojok Baca Sekolah oleh perwakilan kelas



     
     
     
    • Pemantauan dan tuntunan dari Guru Komunitas Praktisi
     
     




     

    C. Kegiatan literasi di Pojok Baca Sekolah

    • Kegiatan literasi dengan membaca buku fiksi

     



     
    • Membuat daun untuk pohon literasi

     
     

     
     
    D. Promosi di media sosial sekolah mendatangkan donasi dari para guru, alumni dan mahasiswa
    • Donasi buku dan uang dari para guru, alumni, mahasiswa kampus mengajar 2 dan penulis






     

     
    E. Monitoring dan evaluasi dari Pengawas serta GTK Dinas Provinsi Jawa Barat
    • Monev dari Pengawas Sekolah Drs. H. Ahnar Hidayat, M.M.Pd ditemani Kepala Sekolah H. Thohari, S.Pd
     
     
     
    • Monev dari GTK Dinas Provinsi Jawa Barat, Ibu Ria  






    Komunitas Praktisi Guru Bahagia telah menentukan tindak lanjut untuk program PBS dan Tim Perpustakaan ke depannya. Para guru menginginkan bahwa adanya laporan kegiatan literasi pada rapor pembelajaran, sehingga dilaporkan berapa banyak judul buku yang sudah murid baca. Laporan tersebut akan direkap dan dipantau oleh Tim Perpustakaan kepada Wali Kelas. Tindak lanjut ini akan direalisasikan pada tahun ajaran baru dan tentunya harus ada perombakan format rapor oleh Tim Kurikulum. Semoga dengan adanya pojok baca sekolah ini  para murid dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi. Terima kasih! Salam dan Bahagia!


    © Komunitas Praktisi Guru Bahagia
         Eka Kodri Ramdani, S.Pd.,Gr.



    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © SMP NEGERI 2 JATISARI - Powered by Blogger - Designed by Mr. Eka -