e-Kinerja PMM akhir-akhir ini menjadi perhatian para guru, karena kegiatan pembelajaran di semester 2 akan segera berakhir dan e-Kinerja harus mulai mengerjakan tindak lanjut dan melaporkan bukti dukung RHK Pengembangan Diri. Salah satu dari bukti dukung RHK Pengembangan Diri adalah Laporan Partisipan Observasi Rekan Sejawat. Laporan ini dibuat dari kegiatan observasi yang dilaksanakan seperti observasi Kepala Sekolah (atasan) ke para guru dalam praktik kinerja PMM, namun observer yang mengobservasi bukan dari atasan melainkan rekan sejawat.
Observasi rekan sejawat dilaksanakan dengan tujuan untuk saling belajar dan bertransformasi ilmu pada praktik kegiatan belajar mengajar di kelas. Kegiatan ini membentuk kemitraan yang setara, sehingga tidak ada yang lebih hebat maupun yang lebih bagus, tetapi saling belajar melihat rekan mengajar di dalam kelas dan fokus pada model, metode, strategi, teknik dan media yang digunakan serta seberapa efektif penggunaannya di kelas. Observer juga bertugas bukan menilai melainkan memberikan masukan yang postitif dan juga bersifat konstruktif, sehingga tidak ada bahasa mengajari dan menasihati melainkan saling berefleksi atas kegiatan yang diobservasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan pemantik seperti:
- Menurut Anda apakah sudah efektif penggunaan metode yang dipilih?
- Apakah Anda merasakan ada kekurangan dalam KBM tadi?
- Tantangan dan hambatan apa yang dirasakan?
- Bagaimana perasaan Anda setelah melaksanakan KBM?
- Menurut Anda apa yang harus ditingkatkan ke depannya?
- Rencana tindak lanjut apa saja yang akan Anda laksanakan untuk menjadikan KBMnya semakin baik? dst.